Sabtu, 21 September 2013

Selingkuh, bagaimana mengatasinya? dan apa penyebabnya?

Selingkuh...tema yang menarik.

Apa selingkuh itu sebenarnya dan mengapa banyak sekali kecenderungan orang untuk melakukannya.

Pasti kita tidak akan penah menyangka, kita tidak pernah mengetahui, dan kita jangan sampai pernah berfikir bahwa orang yang kita kenal setia bahkan orang terpandangpun melakukan affair dengan pihak lain.

"Kenapa mereka seperti itu, padahal saya sudah mencoba sebaik mungkin untuk membuat segalanya normal dan bahagia" kata perempuan X atau laki-laki X

Sebenarnya, jika kita boleh jujur, jangan kita ungkapkan pertanyaan seperti itu dahulu, coba dengan ikhlas tanya diri anda sendiri, apa yang telah saya lakukan hingga semua ini terjadi? dimana letak kesalahan saya?

Dan apakah anda bisa menjawabnya? Tidak..anda tidak akan pernah bisa menjawabnya sendiri, karena kecenderungan sebuah "Ego" (dalam psikologi ego diartikan sebagai individu/ pribadi/ sifat yang merupakan pengembangan dari identitas diri), kecenderungan sebuah "ego" ialah mempertahankan pemikirannya dan membenarkan semua langkah yang diambilnya.

Jadi jika anda bertanya kepada diri anda sendiri, maka lebih cenderung tidak menyelesaikan masalah dan hanya membuat apa yang dilakukan pasangan anda lebih salah dan menjadi sangat salah, karena anda berfikir bahwa anda telah memberikan segala kebaikan dari dalam diri anda.

Lalu harus bertanya kepada siapa?  apakah harus bertanya kepada teman dekat? kalau menurut saya jangan anda lakukan itu, karena kecenderungan mereka bersimpati kepada anda lebih besar. Menurut saya, jangan anda bertanya kepada pihak yang sangat mengenal anda terlebih lagi keluarga. Ada dua pihak yang harus anda coba tanyai secara serius, yang pertama adalah pasangan anda yang dalam hal ini adalah pihak yang coba anda benahi, dan yang kedua adalah seorang psikolog yang benar-benar outsider yang tidak akan memihak kepada siapapun, dan psikolog akan cenderung bersikap adil karena mereka akan menanyai kedua belah pihak, yaitu anda dan pasangan anda.

Dengan cara ini apakah dapat menyelesaikan masalah dan membuatnya berhenti berselingkuh? Jawaban saya..tidak juga, karena jika mereka sudah masuk ke rana tersebut akan sulit sekali membuatnya terlepas, seperti terjerat perangkap yang masuk dan menusuk begitu dalam hingga membuat aliran darah mereka menghitam tercemar.

Dia akan tersadar jika dia sudah menginjak pada tahap untuk menentukan prioritas hidup. Jika tahap itu datang, dia akan menyadari betapa pentingnya anda dan semua yang telah anda lakukan dalam kehidupanya. Jika saat itu datang, apakah anda akan menghindar atau membuka lebar kedua tangan anda, itu hanya anda sendiri yang dapat menentukan.

Tidak semuanya yang salah akan terus salah, dan yang benar akan terus benar. Ada saatnya dalam hidup untuk menentukan titik temu guna mendapatkan kehidupan cinta yang lebih baik.

Tidak ada komentar: